Screenshot_20221207_211556
[Sassy_Social_Share]

OKSon, Luwu Timur – Menyikapi dinamika rekruitmen tenaga kerja yang dilakukan PT Vale saat ini, Anggota DPRD Luwu Timur, Najamuddin mengatakan agar proses ini berjalan aman dan lancar maka Vale harus melakukan penerimaan tenaga kerja ini secara transparan dan memperioritaskan putra putri daerah Luwu Timur.

Demikian disampaikannya saat ditemui pada Rabu (07/12/2022) .

Menurut Najamuddin Rekruitmen Tenaga Kerja PT Vale kali ini akan menjadi fokus perhatian . Sejauh mana profesional dan Proporsionalnya PT Vale dalam melakukan rekruitmen .

Kemudian semua tahapan seleksi rekruitmen perlu melibatkan tim independen. Melakukan pemerataan penerimaan , tidak boleh ada satu wilayah kecamatan yang mendominasi penerimaan tenaga kerja tersebut .

Selama ini Penerimaan Tenaga kerja di PT Vale selalu ribut karena tidak proporsional , banyak warga dari luar yang diterima bekerja di PT Vale. Warga lokal jadi penonton . Ini yang tidak kita harapkan dalam rekruitmen kali ini .

” Contoh di Morowali , yang menyeleksi berkas lamaran bukan pihak perusahaan tapi pemerintah, pemerintahlah yang menyodor berkas – berkas tersebut keperusahaan untuk dites masuk kerja di perusahaan .

Kemudian juga PT Vale jangan mengakomodir lembaga atau forum yang ingin meminta kuota tenaga kerja ini .
” Saya lihat sudah ada gelagat yang mau minta kuota dalam rekruitmen Tenaga Kerja tersebut . Tidak boleh ada kuota – kuota seperti itu . ” Tandas Najamuddin.

Selanjutnya seluruh tahapan dalam rekruitmen ini , panitia seleksi harus bisa memberikan penjelasan , jika ada si A yang tidak lulus harus dijelaskan dimana letak kelemahannya sehingga tidak lulus.

Lebih bagus kalau PT Vale menggunakan sistem Passing grade. Cara ini sangat transfaran, pelamar bisa mengetahui langsung hasilnya . ( OKSon/***)

Pilihan Redaksi

Berita Terbaru

Baca Juga