Screenshot_20230317_092112
[Sassy_Social_Share]

OKSon, Luwu Timur , – Ratusan Calon Peserta Paskibra Kabupaten Luwu Timur mengikuti tes Parade di Kantor Kesbangpol Luwu Timur . Ditahap ini peserta harus menjalani penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran panjang lengan. Bentuk bukaan kaki .

Tes ini dipandu langsung personil anggotaTNI AD dan Personil Polres Lutim dibantu pegawai Kesbangpol .

” Seleksi Paskibra sekarang diambil alih kesbangpol, sekarang para peserta sudah masuk tahap Parade, ” Ujar Guntur Hapid Kepala Kesbangpol Luwu Timur, Jumat (17/03/2023) .

Lanjut dijelaskannya, hari ini jika tidak ada perubahan jadwal adalah hari terakhir peserta menjalani tahapan Parade. Kemudian setelah itu peserta akan mengikuti lagi tes wawasan kebangsaan .

” Ini tes yang dianggap berat, karena sistimnya seperti orang ikut ujian CPNS, tidak bisa saling meniru, tidak boleh ada coretan, dan seleksi di tahapan Wawasan kebangsaan ini dipantau. Langsung dari Pusat karena terkoneksi langsung ke Pusat di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP ). Begitu selesai langsung bisa dilihat nilai kelulusannya . Dan yang menentukan lulus atau tidak itu BPIP yang menilainya. Kami hanya menjalani prosesnya saja . ” Ungkap Guntur .

Kenapa bukaan bentuk kaki di periksa juga karena bentuk kaki setiap orang itu berbeda ada yang bentuk O ada bentuk X . Ini jika tidak diseleksi dengan baik akan mempengaruhi kerapian dalam berbaris termasuk bentuk lengan .

Secara keseluruhan , jumlah peserta Paskibra yang mendaftar lewat aplikasi sebanyak 364 orang. Dan setelah dilakukan pemeriksaan berkas sudah 30 orang yang dinyatakan gugur berkas . Tentu masih ada lagi yang gugur karena yang dibutuhkan untuk menjadi peserta Paskibra ini hanya 74 Orang . ” 4 Orang dipersiapkan untuk menjadi peserta Paskibra Provinsi Sulsel . Selebihnya untuk Paskibra Kabupaten Luwu Timur .” Jelas Guntur.

Selanjutnya usai mengikuti tes Wawasan Kebangsaan , peserta yang dinyatakan lulus barulah bisa mengikuti latihan PBB.

Kelebihan seleksi Paskibra tahun ini , dilakukan secara terbuka, siapa saja yang punya potensi bisa mendaftar lewat aplikasi .

” Jadi sudah tidak adalagi calon Paskibra titipan semua akan teruji sesuai kafasitas mereka masing – masing . ” Tutup Guntur . ( OKSon/***)

 

 

Pilihan Redaksi

Berita Terbaru

Baca Juga