Penilaian Lomba Toga Di Wilayah Pemberdayaan PT CLM Di Mulai

OKSon, Luwu Timur – Penilaian Lomba Toga dan Tanaman Gizi di Desa yang masuk wilayah Pemberdayaan PT Citra Lampia Mandiri (CLM) di mulai. Senin, (29/08/2022).

Tim Penilai yang diterjunkan masing-masing, Pihak External PT. CLM , Idul Adha Muller, dari PKM Lampia, Samriani, dan Nurlela, dari PKK Kecamatan Malili , Asfirawati dan Herlina Ampugo.

Bacaan Lainnya

Samriani, mengatakan penilaian di hari pertama dilakukan di Desa Laskap dan Desa Pongkeru.

Di Desa Laskap terdapat 4 Titik Penilaian , Desa Pongkeru 3 Titik Penilaian.

Berdasarkan fakta dilapangan, Samriani menjelaskan secara umum masih harus mendapatkan pembinaan lanjutan.

” Hasil pengamatan kami dilapangan, ada yang perlu pembinaan seputar administrasi saja, lainnya sudah bagus, ada juga perlu pembinaan total. Mulai dari tanaman obat sampai pada administrasinya. ” Ungkap Samriani.

Peserta yang ikut bertanding ini harus tahu, bahwa Toga itu Taman Obat Keluarga. Dia menjadi Apotik Herbal. Tanaman yang ditanam bisa dijadikan obat jika ada anggota keluarga yang sakit.

Harapan kita dengan dipertandingkan Toga ini masyarakat tidak lagi bergantung dengan obat -obatan di Puskesmas dan Rumah Sakit. Jika demam bisa diobati dengan mengonsumsi herbal yang ada di Toga. Kata Samriani.

Idul Adha Muller, External PT CLM mengatakan, Perusahaan menggelar lomba Toga dan Tanaman Bergizi ini membantu pemerintah Luwu Timur untuk mengajak warga kembali ke tanaman organik.

Lewat Lomba Toga ini warga bisa memanfaatkan perkarangan rumahnya untuk dijadikan taman obat herbal.

” Kami pihak perusahaan sangat mendukung gerakan Taman Obat Keluarga ini, kita mulai dari hal kecil tapi memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. ” Ungkap Idul Adha.

Sejatinya lomba Toga ini dilakukan PT CLM untuk memeriahkan HUT RI ke -77. Dalam lomba ini PT CLM sudah menyediakan hadiah yang cukup menggembirakan. Olehnya itu peserta diminta tidak sekedar ikut saja.

Tak hanya itu, CLM juga bersedia terus melakukan pembinaan untuk menggalakkan Toga di Wilayah Pemberdayaan PT CLM.

( OKSon/***)

Pos terkait