Wakil Bupati Sebut Warga Sangat Menikmati Roadshow Kebudayaan

OKSON, LUWU TIMUR,- Ribuan Warga Kecamatan Tomoni memadati Lapangan Tomoni untuk menyaksikan roadshow kebudayaan. Banyaknya warga yang hadir membuktikan kegiatan ini sangat disenangi warga dan punya manfaat yang positip. Demikian kata Wakil Bupati Luwu Timur, Moch. Akbar Andi Leluasa saat menyampaikan pidatonya, Kamis ( 06/6/2024).

Menurut Akbar Sembilan Kecamatan yang sudah menggelar roadshow kebudayaan semuanya mendapat sambutan antusias yang tinggi dari warga.

Bacaan Lainnya

” Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari even kebudayaannya, khususnya di Kecamatan Tomoni ini, sangat terlihat jelas warga sangat menikmati suguhan berbagai atraksi budaya yang cukup menghibur. ” Ungkap Akbar Leluasa.

Roadshow kebudayaan ini adalah salah satu upaya nyata dari pemerintah dalam melestarikan kebudayaan yang ada di bumi Luwu Timur. Dan menjadi tugas kita bersama untuk melestarikan dan merawat keragaman kebudayaan.

” Dampak nyatanya terjadi di tengah masyarakat adalah perputaran ekonomi yang tinggi di Tomoni, produk UMKM menjadi laris terjual, dan dalam bingkai kehidupan sosial terjalin sebuah kolaborasi antar suku dan budaya yang berbeda. Jelas Akbar.

Untuk diketahui, warga sudah memadati tempat acara sejak siang hari dan baru membubarkan diri menjelang magrib setelah seluruh rnagkaian acara berakhir.

Acara ini dihadiri Wakil Bupati Lutim Moch. Akbar Andi Leluasa, Ketua TP PKK Luwu Timur Hj.Sufriaty, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Arbiyanti Febthavia dan sejumlah Kepala OPD dan Pemuka masyarakat setempat.

Acara dimulai dengan defile budaya, dalam arak – arakan tersebut tiap desa menampilkan keragaman budaya di desa masing – masing.

Selanjutnya mempersembahkan keterampilan olahraga bela diri silat, nyanyian solo lagu Toraja, tarian Suku Dayak Kalimantan, Tari Butho yang diiringi dengan kuda lumping, Tarian Pagellu di tutup dengan Dero bersama warga.

Tiga hal baru yang ditampilkan dalam atraksi Budaya ini adalah Tarian Terbang tinggi Asal Dayak Kalimantan , Tarian Butho dan Nyanyi solo lagu toraja.

( SON/***)

Pos terkait