Pj Wali Kota Palopo Kukuhkan Paskibra 2024

OKSON, PALOPO – Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si bertindak sebagai pembina upacara dalam pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Palopo tahun 2024.

Pengukuhan ini dilaksanakan di gedung Auditorium Saokotae Rumah Jabatan Wali Kota, Kamis (15/7/2024).

Sebanyak 76 Anggota Paskibraka Kota Palopo yang dikukuhkan akan melaksanakan tugas pengibaran serta penurunan bendera Merah Putih pada upacara peringatan HUT RI ke-79 akan akan berlangsung di lapangan Pancasila Kota Palopo, Sabtu 17 Agustus 2024.

Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, mengatakan, pengukuhan ini sebagai tanda akhir pemusatan diklat yang bermakna bahwa, calon Paskibraka dengan ikhlas berani bertanggungjawab.

“Ini akan diukur oleh masyarakat tentang ketinggian martabatnya sebagai manusia bangsa Indonesia dan warga Republik Indonesia, dengan penilaian sesuai tidaknya perkataan dan perbuatannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Asrul Sani.

Pada kesempatan ini, Asrul juga mengucapkan selamat atas pengukuhan menjadi anggota Paskibraka Kota Palopo tahun 2024.

“Kalian adalah perwakilan dari seluruh masyarakat Kota Palopo untuk tampil dalam puncak peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia tngkat Kota Palopo tahun 2024,” katanya.

Oleh karena itu, Asrul mengatakan, para Paskibraka ini patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus berbangga karena bukan hanya terpilih untuk mengemban tugas yang membahagiakan tersebut.

“Tetapi pada hakekatnya, kalian semua telah menjadi bagian dari sejarah etnis sejarah perjuangan bangsa menuju masa depan yang sesuai dengan cita-cita dan tujuan kemerdekaan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Ikrar dan janji yang telah diucapkan pada malam ini, lanjut Asrul, bukan hanya disaksikan oleh para undangan yang hadir pada malam ini, melainkan disaksikan langsung oleh Tuhan yang maha kuasa.

“Oleh karena itu kuatkan dalam batin agar ikrar yang diucapkan dapat memotivasi anda sebagai pribadi yang lebih berkarakter, pribadi yang lebih nasionalis, pribadi yang selalu cinta persatuan dan kesatuan, pribadi yang mampu menjadi teladan baik dan bermanfaat terhadap sesama,” ujarnya.

Dalam menunaikan tugas pada momentum peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2024 ini, Asrul berharap agar semua Paskibraka tetap semangat, fokus, dan berusaha menjiwai sepenuh hati setiap derap langkah kalian untuk mengemban tugas dan amanah menyebarkan sang saka merah putih.

“Semoga makna yang kalian tunaikan bernilai ibadah di sisi Tuhan yang Maha Kuasa. Di pundak kalian semua kami serahkan agar sang merah putih berkibar dengan gagah di udara,” katanya.

“Saya yakin dan percaya bahwa kalian telah siap lahir dan batin karena kalian sudah dididik dilatih dan dipersiapkan dengan baik selama ini. Oleh karena itu laksanakan tugas dengan penuh percaya diri dan rasa bangga,” tambahnya.

Kepada para pembina pelatih dan pengasuh, Asrul mengucapkan terima kasih atas segala jerih payahnya selama ini.

“Demikian pula kepada orang tua, berilah doa dan dukungan kepada anak-anak kita, agar mereka lebih semangat menunaikan tugasnya,” tandasnya.

Hadir pada kegiatan ini, Forkopimda Kota Palopo, Sekretaris Daerah Kota Palopo, para Asisten Setda Kota Palopo, Kepala Kesbangpol Kota Palopo, Kadis Kominfo Kota Palopo.

Turut hadir pula, Danki Pelatih dari TNI dan Polri, Purna Paskibraka Palopo, serta Para Orang Tua/Wali calon Paskibraka Kota Palopo.

Pos terkait