Pj Wali Kota Palopo Hadiri High Level Meeting Stabilitasi Harga Bahan Pokok TPID

OKSON, PALOPO – Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si., menghadiri kegiatan High Level Meeting Stabilitasi Harga Bahan Pokok Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)  Kota Palopo.

Kegiatan High Level Marketing Stabilitasi Harga Bahan Pokok ini, digelar di Aula Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Senin (26/08/2024).

Dalam arahannya, Asrul Sani, menyampaikan, tingkat inflasi Kota Palopo bulan Juli 2024 yaitu Month to Month (MtM) sebesar 0,29, Year on Year (YoY) 2,19 dan Year to Date (YtD) 1,72.

“Upaya konkrit pengendalian inflasi melalui koordinasi TPID Kota Palopo telah dilaksanakan dengan melakukan tiga strategi dalam pengendalian inflasi diantaranya, pemantauan distribusi dan monitoring keterjangkauan harga, intervensi pada harga-harga bahan pokok dan barang penting dan peningkatan produksi dalam daerah dan ketersediaan pasokan dari  luar,” kata Asrul Sani.

Beberapa upaya yang akan dilakukan dalam menstabilkan stok dan harga pangan, kata Asrul, antara lain mengaktifkan kembali rumah pangan, mengaktifkan asosiasi pedagang, memfasilitasi pedagang beras, telur dan sayuran.

“Kita bekerjasama dengan distributor atau petani daerah Sidrap dan Enrekang, ini tindak lanjut kerjasama daerah Palopo,” katanya.

Untuk upaya lanjutan dalam jangka pendek, lanjut Asrul, pemerintah melakukan subsidi harga maupun transportasi terhadap kondisi yang mengalami kenaikan harga.

“Kita juga melaksanakan gerakan pangan murah pada waktu dan momen tertentu dan berkoordinasi dengan distributor agar tidak menahan barang maupun tidak menaikkan harga dengan tidak wajar,” ujarnya.

Sementara untuk upaya lanjutan dalam jangka menengah, pemerintah kata Asrul, melakukan kerjasama antar daerah dan berkoordinasi dengan pertamina terkait kelancaran distribusi BBM dan gas elpiji.

“Sedangkan Upaya lanjutan dalam jangka panjang adalah swasembada pangan dan memasifkan gerakan menanam tanaman holtikultura dengan memanfaatkan lahan tidak produktif,” tandasnya.

Turut hadir pada kegaitan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Palopo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo, unsur Forkopimda Kota Palopo, pimpinan perangkat daerah Kota Palopo.

Turut hadir dalam kegiatan ini pimpinan BUMN dan pimpinan BUMD serta para tamu undangan lainnya.

Pos terkait