KPU Palopo Luncurkan Pilkada, Maskotnya Burung Allo

OKSON, PALOPO – KPU Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Sabtu (01/6/2024) malam, lakukan peluncuran pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota atau Pilkada Kota Palopo 2024 di Taman I AM Palopo.

 

Peluncuran Pilkada Kota Palopo 2024, menjadi penanda dimulainya rangkaian kontestasi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Kota Palopo, Sulawesi Selatan  secara serentak.

 

Ketua KPU Kota Palopo, Irwandi Djumadin mengatakan dalam peluncuran Pilkada Kota Palopo maskot yang terpilih dan resmi digunakan adalah Maskot Burung Rangkong atau Allo.

 

“Sesuai keputusan juri, kami memilih Burung Allo karena Allo adalah salah satu burung endemik di pulau Sulawesi yang keberadaannya saat ini sudah punah, tapi Alhamdulillah di Kota Palopo masih ada wilayah tempat berkembang biak burung Allo yaitu di daerah Battang dan Latuppa,” kata Irwandi Djumadin, Sabtu.

 

Lanjut Irwandi, memilih burung Allo sebagai Maskot Pilkada Kota Palopo memberi pesan kepada generasi muda bahwasanya ada burung di Sulawesi yang hampir punah dan wajib kita jaga keberadaannya jangan smapai kedepan burung Allo hanya tinggal cerita,” ucap Irwandi.

 

Irwandi menuturkan bahwa Burung Allo bagi dirinya untuk melihatnya masih terbilang dalam hitungan jari.

 

“Jujur saja kalau saya sendiri baru 3 kali melihat langsung burung tersebut, itu pun tidak lama, dengan demikian semoga masyarakat berkewajiban untuk melestarikan keberadaannya,” harap Irwandi.

 

Peluncuran Pilkada Kota Palopo mengusung tema  “Pilkada Untuk Kita”  yang berarti Pilkada bukan untuk siapa-siapa tetapi untuk semua  dan wajib bagi semua masyarakat untuk menyukseskannya.

 

“Peluncuran Pilkada 2024 ini juga menjadi ajang sosialisasi dan mengingatkan kepada seluruh warga bahwa pemilihan kepala daerah dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang,” ujar Irwandi.

 

Irwandi mengatakan jika peluncuruan Pilkada ini tidak terlepas dari dukungan penuh oleh Pemerintah Kota Palopo.

 

“Kami berterima kasih pemerintah Kota Palopo atas dukungan penuhnya, sehingga KPU Palopo siap melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang dijadwalkan pada 27 November 2024 mendatang,” ujarnya lagi.

Menurut Irwandi sebelumnya telah melantik Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara se-kota Palopo.

 

“Di momentum ini juga kami sampaikan bahwa KPU Palopo telah membentuk anggota PPK dan PPS se-kota Palopo, dan Alhamdulillah saat ini rekan-rekan telah mengajukan untuk sekretariat  dalam waktu dekat sudah bisa di realisasikan,” tutur Irwandi.

 

“Saya juga mengingatkan PPK dan PPS agar selalu menjaga integritas. Kita layani semua peserta, semua masyarakat dengan sama tanpa membeda-bedakan,” tambah Irwandi.

 

Dalam pelaksanaan Pilkada ini, Irwandi berharap agar pemerintah daerah, TNI/Polri dapat mendukung terciptanya pemilihan kepala daerah di Kota Palopo dengan aman damai dan sukses.

 

“Kami berharap pemerintah Kota Palopo dan pihak terkait untuk mendukung suksesnya Pilkada di Kota Palopo dengan aman damai dan lancar,” harapnya.

 

Dikatakannya, jika pihaknya melaksanakan peluncuran tahapan pilkada ini bersamaan Hari Lahir Pancasila.

 

“Di hari lahir Pancasila ini, saya mengajak agar kita tanamkan semangat Pancasila dalam diri kita semua dalam menghadapi perhelatan Pilkada Palopo,” terang Irwandi.

 

Sementara itu, Asisten II Setda Palopo, Ilham Hamid mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi dalam menyukseskan pilkada serentak tahun 2024.

 

“Kita juga mengapresiasi kepada TNI/Polri dan masyarakat dalam menciptakan pemilu damai di Kota Palopo,” imbuh Ilham Hamid.

Pos terkait