KPU Lutim Bersama Mahasiwa KKNT 112 Unhas Gagas Program “Simpel”

OKSON, LUWU TIMUR,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur mengadakan Program KPU goes to school di SMKN 2 Luwu Timur pada Senin ( 12 /8/2024). Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi kepada pemilih pemula yang masih berstatus pelajar.

Dalam program ini dilakukan kegiatan yang di beri nama “Simpel” atau simulasi pemilihan pelajar yang digagas bersama oleh KPU Luwu Timur dan Mahasiswa KKN Tematik angkatan 112 Universitas Hasanuddin.

Bacaan Lainnya

Ketua divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat (sosdikilih parmas) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Indrawanto Paningaran mengatakan kegiatan ini dilakukan agar para pemilih pemula dapat memahami bagaimana proses pemungutan dan perhitungan suara ketika berada di tempat pemungutan Suara (TPS).

“KPU goes to school dengan sistem simulasi seperti ini dapat memberikan gambaran kepada siswa bagaimana proses-proses yang terjadi di dalam TPS agar mereka tertarik kedepannya untuk menjadi petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS)” ucapnya.

Dia juga menambahkan bahwa semua petugas simulasi di TPS ini adalah siswa yang hadir dan mengikuti sosialisasi KPU goes to school.

“Kita memberikan tugas kepada siswa agar ada yang menjadi petugas KPPS 1 hingga KPPS 7, petugas ketertiban dan menjadi pemilih sehingga gambaran kepada siswa tersebut benar-benar nyata” tambahnya.

Simulasi pemilihan pelajar ini diikuti sekitar 50 siswa yang menjadi bagian dari pemilih di pemilihan kepala daerah 27 November mendatang.

( son/kpu/ ***)

Pos terkait