HUT Bhayangkara ke-78, Begini Harapan Pj Wali Kota Palopo

OKSON, PALOPO – Peringati hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke-78, Pemerintah Kota Palopo, Sulawesi Selatan berharap institusi Polri semakin kuat dalam bersinergi dengan pemerintah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Asrul Sani berharap kedepan khususnya Polres Palopo semakin profesional dalam melindungi, mengayomi dan melayani seluruh masyarakat di Kota Palopo terutama menghadapi pemilihan umum Kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Menghadapi Pemilukada 2024 polisi selaku aparat keamanan tentu kami berharap ke kepada polisi agar terus menjaga keamanan, kondusifitas khususnya menjelang Pilkada Kota Palopo, karena selama ini kondisi Kota Palopo aman berkat kerjasama yang baik dengan Polres Palopo dan semua pihak serta para tokoh-tokoh agama, adat, masyarakat dan pemuda,” kata Asrul Sani saat dikonfirmasi usai menghadiri upacara hari Bhayangkara di Lapangan Pancasila Kota Palopo, Senin (1/7/2024).

Kapolres Palopo, AKBP Safi’i Nafsikin mengatakan dalam waktu dekat akan menghadapi hajatan besar yakni Pilkada dengan harapan berlangsung aman dan jujur.

“Kami sudah menyiapkan strategi-strategi berdasarkan arahan Polda Sulsel serta berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pihak penyelenggara Pemilu untuk mendukung pelaksanaan Pilkada yang jujur, adil dan aman,” ucap Safi’i Nafsikin.

Lanjut Safi’i Nafsikin, dalam menghadapi dan mengawal tahapan Pilkada 2024, pihaknya menyiapkan personel yang dibagi kedalam beberapa tahap.

“Personel yang kami siapkan yakni sepertiga pasukan sebelum pencoblosan dan pada pencoblosan kami siapkan dua pertiga dari seluruh personel kami sebanyak 506 sehingga sekitar 200an lebih pada saat hari pencoblosan, jadi tidak jauh beda dengan pelaksanaan Pemilu kemarin waktu Pilpres,” ujar Safi’i Nafsikin.

Untuk keamanan dan kenyamanan dalam Pilkada 2024 di Kota Palopo ke depan, Safi’i Nafsikin mengatakan bahwa pihaknya tidak melakukan under estimate dalam menghadapi Pilkada.

“Kami tidak boleh under estimateatau kami prediksi bahwa pelaksanaan Pilkada nantinya akan berjalan sengit, tetapi kami akan terus memonitor dan melakukan strategi-strategi pendekatan preventif, preeventif dan cooling system sesuai dengan arahan Polda Sulsel dan Mabes Polri,” tutur Safi’i Nafsikin.

Berikan Penghargaan kepada Tokoh Agama dan Masyarakat

Upacara peringatan hari Bhayangkara ke-78 Polres Palopo dilaksanakan di Lapangan Pancasila.
Kapolres Palopo, AKBP Safi’i Nafsikin memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh di Kota Palopo. Penghargaan tersebut diberikan atas partisipasi sejumlah tokoh tersebut dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat Palopo.

“Kami memberikan penghargaan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat karena dalam pelaksanaan tugas kami selama ini tentu diiringi dengan dukungan serta doa dari mereka,” jelas Safi’i Nafsikin.

Penghargaan dari Kapolres Palopo diberikan kepada 8 orang tokoh agama dan masyarakat dengan harapan hubungan yang terjalin selama ini berjalan baik.

“Kedepannya hubungan antara tokoh agama, tokoh masyarakat dan kepolisian menjadi lebih baik sehingga dapat menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat,” harap Safi’i Nafsikin.

Berikut tokoh yang mendapat penghargaan dari Polres Palopo di hari Bhayangkara ke-78 yakni :
– Ketua NU Kota Palopo, Muhammad Zuhri Abu Nawas
– Ketua MUI Kota Palopo, Zainuddin Samide
– Ketua PHDI Kota Palopo, I Made Budiarta
– Ketua GP Anshor Kota Palopo, Reski Azis
– Pangulu Ade Kota Palopo, Luis Chandra
– Tokoh Muhammadiyah Palopo, Abu Bakar Marlinta
– Tokoh NU Kota Palopo, Syarifuddin Daud
– Tokoh Kristen Kota Palopo, Yelfian Rumande.

Pos terkait