Catatan Fraksi PAN Untuk Kebaikan Luwu Timur

banner 468x60

OKSON, LUWU TIMUR, – Fraksi Partai Amanat Nasional meninggalkan sejumlah catatan untuk dimelengkapi pembahasan laporan keterangan oertanggungjawaban Bupati Luwu Timur Tahun Anggaran 2023.

Ini disampaikan Ir. Rahman saat menyampaikan Pemandangan Umum Fraksi – Fraksi di DPRD Lutim, di Sidang Paripurna, Selasa (16/04/2024).

Bacaan Lainnya

Berikut ini catatan dan masukan fraksi PAN untuk melengkapi :

1. Fraksi PAN menilai Tingkat pengangguran mengalami kenaikansebesar 5,42% menjadi isu yang paling penting sehingga pemerintah daerah diharapkan melakukan Upaya strategis seperti membuat program Pelatihan Tenaga Kerja dan Peningkatan Kapasitas SDM perlu diprioritaskan.

Seperti kitaketahui bahwa sektor pertambangan kedepan menjadi primadona di Bumi Batara Guru sebutan Luwu Timur, sehingga pentingnya menyiapkan kesiapan SDM lokal yang terampil dan berdaya saing.

2. Mendorong percepatan Rumah Sakit Atue dan pembenahan ruang rawat inap di rumah sakit I Laga Ligo. Hal ini sangat penting dan mendesak untuk kepentingan warga Luwu Timur.

3. Terkait meningkatnya proses Investasi disektor pertambangan, diminta
pemerintah daerah untuk meningkatkan pengawasan potensi dampak lingkungan yang terjadi seperti kegiatan Operasi PT.CLM dan PT PUL dan lain-lainya.

4. Fraksi PAN mengingatkan juga tentang pemenuhan air bersih yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat , hal ini mendapatkan sorotan yang serius oleh seluruh kalangan masyarakat baik yang ada di perkotaan dan pedesaan.

Demikian pula dengan kondisi sungai Malili yang makin hari makin memprihatinkan, kondisi ini menceminkan ekosistem lingkungan kita mulai rusak dan membutuhkan sinergitas semua pihak untuk memperbaiki itu.

5. Fraksi PAN mendorong pemerintah daerah untuk memberi alokasÄ°anggaran disektor perikanan dan pertanian mengingat sektor ini adalah potensi besar setelah pertambangan yang mayoritas masyrakat kita bergerak disektor pertanian dan perikanan .

6 . PAN juga mendorong pemerintah daerah mengembangkan potensi UMKM daerah agar dapat berdaya saing.

” Mengenai Ranperda tentang penyelenggaraan kabupaten layak anak, kami dari fraksi PAN mendukung Ranperda ini untuk diahas lebih lanjut. Sebab Ranperda ini memberikan perlindungan secara hukum anak – anak Luwu Timur yang menjadi aset masa depan bagi Luwu Timur. ” Tutup Ir. Rahman.

Sidang Paripurna ini dipimpin ketua DPRD Lutim, Aripin, didampingi wakil ketua I DPRD Lutim, HM. Sidiq BM, Wakil Ketua II, H. Usman Sadik dan di Hadiri juga Wakil Bupati Lutim Akbar Andi Leluasa.

( Son/***)

 

Pos terkait