Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-79, Forkopimda Palopo Apel Kehormatan dan Renungan Suci

OKSON, PALOPO – Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si. bersama Forkopimda mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Palopo, Sabtu, 17 Agustus 2024 pukul 00.00 dini hari.

Kegiatan diawali penghormatan kepada para arwah Pahlawan, pembacaan naskah apel renungan suci oleh inspektur upacara, dilanjutkan mengheningkan cipta dan doa kepada para pahlawan, dalam prosesnya semua berlangsung dengan khidmat.

Kapolres Palopo, AKBP. Safi’i Nafsikin, pada pembacaan dan penandatanganan AKRS menyatakan rasa hormat yang sebesar besarnya atas kesetiaan, keberanian dan kesucian pengorbanan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kemerdekaan negara dan bangsa.

“Rasa hormat yang sebesar-besarnya atas kesetiaan, keberanian dan kesucian pengorbanan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kemerdekaan negara dan bangsa Indonesia,” kata Safi’i membacakan naskah.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, mengatakan, AKRS atau Apel Kehormatan Renungan Suci adalah penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan.

“Terkhusus kepada arwah para pahlawan kusuma bangsa di TMP ini, dengan harapan mereka semua diberikan tempat dan pengampunan dari Allah Yang Maha Penyayang,” kata Asrul Sani.

Untuk diketahui, pahlawan kusuma bangsa yang dimakamkan di TMP Palopo 632 terdiri dari TNI berjumlah 386 orang, Polri 31 orang, Pejuang Sipil berjumlah 20 orang, Pejuang Rakyat 200 orang serta Pahlawan tak dikenal berjumlah 30 orang.

Turut hadir dalam kegiatan ini Forkopimda Kota Palopo, Sekretaris Daerah Kota Palopo dan pimpinan perangkat daerah lainnya, serta jajaran TNI–Polri, Satpol PP, BPBD, dan Damkar.

Pos terkait