Gerindra Akui Perubahan RAPBD Fokus Pada Kebutuhan Dasar

OKSON, LUWU TIMUR, – Pemerintah Daerah Luwu Timur di minta lebih cerdas dan kreatif dalam menghasilkan dan mengelolah sumber-sumber pendapatan. Sumber pendapatan daerah yang dimaksud adalah dari sektor pariwisata, Perdagangan, Perubahan Klas tanah dan pertambangan.

Demikian disampaikan I Wayan Suparta, Juru Bicara Fraksi Gerindra, dalam Sidang Paripurna DPRD Luwu Timur, yang membahas tentang RAPBD Perubahan 2024. Jumat (09/8/2024).

Bacaan Lainnya

Menurut I wayan Suparta, Pemerintah daerah diharapkan tidak sekedar membelanjakan dan menghabiskan anggaran. Sumber-sumber pendapatan alternatif perlu digali secara kreatif dan inovatif dengan mengoptimalkan potensi ekonomi yang ada secara efektif dan efisien.

Ia menyebut, arah kebijakan umum pendapatan daerah tetap mengacu pada sasaran yang telah ditetapkan yakni mengupayakan peningkatan
pendapatan asli daerah dari tahun ke tahun serta mengoptimalkan peningkatan kapasitas fiskal dari sumber-sumber yang ada.

Terkait pidato nota keuangan perubahan APBD tahun anggaran 2024, Bupati Lutim menyampaikan cukup optimis atas pembangunan di kabupaten luwu timur, yang menitik beratkan perhatian dan berfokus pada pencapaian sasaran pelayanan pada bidang-bidang pembangunan yang menjadi dasar kebutuhan masyarakat yakni Bidang Pendidikan dan kebudayaan, bidang kesehatan,Pertanian dan bidang Sarana dan Prasarana(infrastruktur), dengan tetap memperhatikan bidang-bidang lain sebagai pendukung terhadap bidang-bidang yang menjadi prioritas tersebut diatas.

Terkait gambaran Rancangan Perubahan APBD tahun anggaran 2024, yakni pendapatan semula Rp.1.910.663.329.895,00,- (Satu Triliun,Sembilan ratus Sepuluh milyar,enam ratus enam puluh tiga juta,Tiga ratus dua puluh sembilan ribuh,Delapan ratus sembilan puluh lima rupiah), Setelah Perubahan Rp.2.011.461.448.868.64,- (Dua triliun,Sebelas Miliar,Empat ratus enam puluh satu juta,Empat ratus empat puluh delapan ribuh,Delapan Ratus enam puluh delapan ribuh,Enam puluh empat sen).

Belanja Semula Rp.1.986.497.196.736.00,- (Satu triliun, Sembilan Ratus Delapan Puluh Enam Miliyar,Empat Ratus Sembilan Puluh Tujuh Juta,Seratus sembilan puluh enam ribuh,Tujuh ratus tiga puluh enam rupiah), setelah perubahan Rp.2.098.558.345.826,00,-
(Dua triliun,Sembilan puluh delapan miliar,Lima ratus lima puluh delapan juta,tiga ratus empat puluh lima ribuh,Delapan ratus dua puluh enam rupiah).

” Maka dari itu, kami dari Fraksi Gerindra menyarankan agar apa yang dapat dikelola saat ini betul-betul memperioritaskan yang menjadi kebutuhan masyarakat.” Ujarnya.

Yang terakhir, kami dari Fraksi Gerindra, menyambut positif tentang Sambutan Bupati Terkait Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2024, dengan mengedepankan pembangunan yang merata, azas proporsionalis, serta efisien. Kami berharap pemerintah dapat mencermati item peritem masukan dan saran yang telah disampaikan. Tutupnya. ( son/***)

 

Pos terkait