Screenshot_20230118_155323
[Sassy_Social_Share]

OKSon, Luwu Timur – Usai melaksanakan Senam Pagi, di Rabu Sehat, ASN di Luwu Timur ramai – ramai pergi berkebun .

Tapi berkebunnya di lingkungan kantor masing – masing . Pohon yang ditanam berupa tumbuhan sayuran seperti Terung, Tomat dan Lombok .

Saat ini setiap kantor dinas di Luwu Timur punya kebun sayur . Jumlahnya juga banyak, ada yang menanam diatas bedeng, ada yang cukup di lubangi saja di permukaan tanah , ada pula yang menanamnya sistem poly bag .

Bercocok tanam. Dilingkungan Kantor Dinas penuh dengan keseruan , karena dikerjakan beramai – ramai diselingi canda dan tawa .

Untuk diketahui berkebun dilingkungan kantor ini merupakan Program yang dicanangkan Bupati Lutim, Yaitu Program ” Peduli ki Saya Jaga aki “

Heru salah seorang pegawai di Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja mengatakan , di kantornya banyak menanam pohon Lombok dan Sayuran . Sistem penanaman menggunakan bedeng .

” Hitungannya, jika kita tanam sekarang, kita rawat dengan baik ,Insa Allah puasa dan lebaran Idul Fitri Lombok ini bisa kita panen . ‘ Ungkap Heru .

Heru mengakui di OPD nya tidak kesulitan mengolah lahan di area kantor untuk dijadikan kebun, karena rata- rata berasal dari keluarga petani .

Di Dinas Kominfo, selain berkebun Lombok, juga membuat sarana kolam untuk peternakan ikan air tawar .

” Kebetulan ini ada bekas kolam ikan, jadi kami perbaiki dan aliri air, di dalamnya sudah kami lepas sekitar 500 ekor bibit ikan nila, di samping kolam kami tanam lombok . Jika berbuah lombok nanti ikan juga sudah bisa di panen. Maka sisa bawa garam kita bakar – bakar ikan di kantor nanti . ” Ungkap Budaya Pongdala.

( OKSon/***)

 

 

 

 

Pilihan Redaksi

Berita Terbaru

Baca Juga