IMG_20221206_103239
[Sassy_Social_Share]

OKSon, Luwu Timur – Keinginan Warga Kabupaten Luwu Timur untuk mengusulkan nama Andi Nyiwi sebagai Pahlawan Nasional sisa satu langkah lagi yaitu syarat Kajian Ilmiah yang harus dipenuhi .

Syarat inilah oleh Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah yang akan didalami sehingga bisa menampilkan profil Andi Nyiwi dan Perjuangannya secara utuh .

Demikian Kata Amrullah Amir salah seorang Akademisi yang masuk dalam Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah di Acara Sosialisasi Perbub nomor 25 Tahun 2022 . Selasa (06/12/2022) di Gedung Simpurusiang Malili .

Menurut Amrullah Amir, ketokohan Andi Nyiwi dikenal sampai ke Sulawesi Tenggara . Tetapi belum ada gambaran utuh yang bisa menjelaskan secara ilmiah tentang profil dan perjuangan beliau dimasa melawan penjajah .

” Inilah tugas berat kami di Tim, kami membutuhkan lagi informasi dari para guru sejarah, para informan, dan dukungan penuh dari Keluarga Besar Opu Andi Nyiwi untuk memberikan sebanyak – banyaknya informasi tentang Andi Nyiwi ini termasuk kita akan turun ke wilayah basis perjuangan Andi Nyiwi . ” Kata Amrullah Amir .

Sebenar satu syarat untuk pengusulan gelar Kepahlawanan Andi Nyiwi sudah terpenuhi, beliau sudah ada Nama Jalannya, sudah ada nama Lapangan dan ada juga Monumennya .

Amrullah mengakui, selama ini kajian tentang Luwu Timur masih minim, kajian yang ada lebih banyak bersifat arkeologis . Tentang sejarahnya masih sedikit .

Makanya ketika saya kata Amrullah, ditawari untuk masuk dalam tim ini , saya dengan sepenuh hati menyatakan Insa Allah saya siap, apalagi sejak berdiri tahun 2003, kabupaten Luwu Timur belum punya pahlawan .

Jika membandingkan dengan daerah lain banyak sekali gelar Kepahlawanan di berikan. Sementara Luwu Timur dalam sejarah adalah bagian cerita awal dari masyarakat Sulsel , dan sama sekali tidak banyak orang yang mengetahui kecuali orang Luwu Timur itu sendiri .

Kajian – kajian selama perang kemerdekaan sangat terbatas informasinya .

Kalau kita menyebut nama Opu Andi Nyiwi mungkin hanya Orang Luwu Timur saja yang tahu siapa sejatinya beliau.

Dan itu belum menjadi satu tulisan yang utuh yang bisa memperkenalkan beliau sebagai tokoh pahlawan .

Saya harap dari tim ini juga bisa menjadi bahan untuk penguatan lokal , setidaknya ada untuk pengajaran sejarah lokal , memperkenalkan tokoh Andi Nyiwi paling tidak dalam bentuk komik . Dengan demikian generasi pelanjut bisa mengenal dan mengingat jasa – jasanya untuk NKRI .

Selain Amrullah Amir, Dinas Sosial P3A Luwu Timur juga mendatangkan Prof. DR. Andi Ima Kesuma yang juga masuk dalam Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah .

Acara Sosialisasi ini juga di hadiri sejumlah Kepala OPD, dan seluruh pegawai dari Dinas Sosial P3A Lutim .

( OKSon/**”)

 

 

 

 

Pilihan Redaksi

Berita Terbaru

Baca Juga