SMPN 3 Angkona Gandeng Dinsos P3A Gelar Sosialisasi Pencegahan Bullying berbasis Sekolah

OKSON, LUWU TIMUR,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Angkona menggelar Sosialisasi yang bertema “Bersama Wujudkan UPT SMP Negeri 3 Angkona Sekolah Ramah Anak, Sekolah Aman, Bebas Bullying” dengan menghadirkan Narasumber dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), yang dilaksanakan di Aula SMPN 3 Angkona, Jumat (09/08/2024).

Kepala sekolah SMP Negeri 3 Angkona, Muhammad Iqmal Amrullah yang membuka kegiatan itu menyampaikan, sosialisasi dilakukan sebagai komitmen bersama untuk memberantas perlakuan bullying di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar.

Bacaan Lainnya

“Seluruh warga sekolah sepakat untuk terus menerus mengkampanyekan stop bullying di sekolah dan memperkuat langkah-langkah pencegahan bullying,” tandasnya.

Kepala Bidang Keseteraan Gender Perlindungan Perempuan dan Anak (KG-PPA) Dinsos P3A Kabupaten Lutim, Masrura sebagai narasumber pada kegiatan ini menambahkan, ada beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya perundungan/bullying di lingkungan sekolah.

“Upaya yang dapat dilakukan yaitu penguatan peran orang tua siswa, pendekatan kolaboratif, pengawasan dan intervensi pada area sekolah yang rawan perundungan. Selain anak, orang tua, keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat juga berperan melaporkan kepada sekolah jika anak menjadi korban perundungan/bullying,” ungkapnya.

“Kita layak memberikan apresiasi kepada UPT SMP 3 Angkona atas upaya perlindungan anak yang dilaksanakan dengan mengadakan kegiatan ini, sebagai langkah sekolah Ramah Anak menuju Luwu Timur Kabupaten Ramah Anak,” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi ini juga dirangkaikan dengan penyematan lambang Satuan Petugas (Satgas Anti Bullying) secara simbolis kepada pengurus Satgas Anti Bullying UPT SMP 3 Angkona serta penandatangan deklarasi bersama Anti Bullying.

Turut hadir pada kegiatan ini perwakilan Dinsos P3A, Duta Forum Anak Kabupaten Luwu Timur, serta Konselor PUSPAGA. (ikp-humas/kominfo-sp)

Pos terkait