smelter
[Sassy_Social_Share]

OKSon, Luwu Timur – Bupati Luwu Timur , Budiman mengajak Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs Nana Sudjana mengunjungi lokasi pembangunan smelter yang berada di Desa Harapan Kecamatan Malili . Kapolda harus melihat ini sebagai bukti Luwu Timur sudah siap ekpansi teknologi dari pengapalan Ore Nickel menjadi Pengolahan murni bijih nickel.

Kunjungan kelokasi pembangunan smelter ini dilakukan pada sore hari . Senin ( 13/06/2022 ) . Dalam peninjauan lokasi ini, Kapolda tidak melewati jalan yang mulus , tetapi diajak melewati jalan yang tidak pernah dilintasi kendaraan roda empat .Melintas tepat diarea lokasi untuk pembangunan smelter. Dengan demikian Kapolda bisa melihat kondisi lahan secara dekat .

Dimana dilahan yang akan dibangun smelter ini yang mestinya harus kosong, kini sudah ada warga berkebun dan tinggal disana . Beberapa hamparan kebun merica juga terlihat tumbuh dengan subur . Inilah nantinya akan menjadi masalah buat Pemkab Lutim jika ingin mengeluarkan warga ditempat tersebut saat Pembangunan smelter akan dibangun.

Usai melihat lokasi yang akan dibangun smelter tersebut , Bupati dan Kapolda menuju tenda yang sudah disediakan PT Indo Nickel Indonesia perusahaan yang akan membangun smelter tersebut .

Ditenda tersebut sudah siap Freddy Napitupulu, Pihak PT INI memaparkan konsep pembangunan smelter yang akan mereka lakukan . Setelah panjang lebar memaparkan rencana pembangunan smelter, tiba-tiba Bupati Lutim bertanya. Berapa banyak tenaga kerja yang akan dibutuhkan jika smelter ini jadi dibangun ?. Freddy menjawab , berdasarkan hitungannya, tenaga kerja yang akan dibutuhkan sebanyak 10,000 orang . itu diluar vendor .

Selanjutnya Kapolda juga bertanya, Kapan pembangunan smleter ini dimulai, ?. Freddy kembali menjawab akhir tahun ini kami tergetkan sudah ada tungku yang menyala pak jendral. ” Kata Freddy .

Kapolda menyarankan , dalam rekruitmen nantinya pihak PT INI harus memperioritaskan tenaga kerja lokal . Sehingga keberadaan smelter ini dirasakan manfaatnya buat negara , Daerah Luwu Timur terutama warga lokal Luwu Timur . ( OKSon/***)

Pilihan Redaksi

Berita Terbaru

Baca Juga