Screenshot_20230815_200002
[Sassy_Social_Share]

OKSon, Luwu Timur, – Roadshow Budaya di Kecamatan Nuha Luwu Timur, Selasa (15/08/2023) boleh dibilang paling heboh dan kreatif. Banyak pesan positif yang disampaikan sampai bule – bule dari Luar Negeri juga ikut bergabung dalam tarian adat Karunsi,e.

Roadshow ini di ikuti seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Nuha ditambah Pelajar mulai SD,SMP, SMA dan komunitas etnis – etnis tinggal di Nuha.

Bule – bule tersebut bergabung dalam komunitas Galeri Sanggar Seni Mesin Tuwu. Membawakan tarian Nia Binalangkai dalam bahasa Karunsi,e adalah Tarian penghormatan untuk orang yang di hormati.

Seperti penari pribumi, Lima orang bule ini jga ikut mengenakan pakaian adat melompat berputar – putar sambil mengenggam tombak.

Pertunjukan ini cukup menghibur, sehingga banyak yang mengabadikannya.

Selain itu , pada moment roadshow ini pula sejumlah pelajar mengenakan pakaian adat nusantara berbahan sampah yang sudah di daur ulang. Mereka mengajak agar warga menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Tak mau kehilangan moment juga, Penyelenggara Pemilu tingkat Kecamatan Nuha juga ikut serta dalam roadshow budaya tersebut , mereka mengampanyekan warga untuk datang ke TPS untuk menyalurkan Hak Suara mereka dan menolak politik uang pada Pemilu 2024.

Selain etnis – etnis lokal Lutim yang tampil, ada juga etnis Batak dari Sumatera Utara dan Kawanua dari Manado juga tampil dalam roadshow budaya ini. Mereka memberikan cindera mata kepada Bupati dan isterinya sebagai kenang – kenangan.

Bupati Luwu Timur, Budiman menyampaikan, roadshow budaya di Kecamatan Nuha penuh makna. Beragam etnis yang ada di Sorowako tampil untuk memperlihatkan kepada kita bahwa mereka sudah jadi bagian penduduk warga Kecamatan Nuha.

” Keragaman inilah yang harus kita jaga dan terus kita rawat sehingga menjadi kekuatan kita di Luwu Timur, terimakasih buat Camat, tokoh masyarakat, para Kepala desa, dan para pelajar di Kecamatan Nuha, sehingga acara ini bisa berlangsung sukses dan meriah. ” Ungkap Budiman. ( OKSon/***)

 

 

 

Pilihan Redaksi

Berita Terbaru

Baca Juga