PT Vale Siap Kolaborasi Mengembangkan Desa Wisata Matano

OKSon, Luwu Timur – Seiring ditetapkannya Desa Matano menjadi 50 Desa Wisata terbaik di Indonesia, Manajemen PT Vale berkomitmen siap berkolaborasi memajukan periwisata di Luwu Timur . Sebab sektor Pariwisata juga bisa dianggap cepat membangkitkan perekonomian Luwu Timur . Demikian Kata Endra Kusuma , Manajemen PT Vale saat mendampingi Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata RI, ketika mengunjungi Desa Wisata . Selasa (11/10/2022 ) .

Menurut Endra Kusuma , apapun yang dilakukan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Luwu Timur , terkait pengembangan pariwisata daerah Luwu Timur tentunya PT Vale siap berkola borasi .

Bacaan Lainnya

” PT Vale siap berkolaborasi untuk pengembangan sektor Pariwisata , sejauh ini sudah banyak yang dilakukan PT Vale dalam bentuk Program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat .Karena Desa Matano ini masuk dalam wilayah Pemberdayaan PT Vale ” Kata Endra .

Hal yang patut kita syukuri , puluhan tahun PT Vale beroperasi di pinggir Danau Matano , Danau Matano tetap lestari dan air nya tetap jernih . Ini bukti perusahaan sangat peduli dengan keberadaan Danau Matano .
Danau Matano akan kehilangan pamor keindahannya jika air nya keruh . Air yang jernih akan menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke Luwu Timur .

Untuk diketahui, mendukung Desa Matano yang sudah menjadi Desa Wisata Indonesia, PT Vale sudah membangun dermaga untuk menurunkan penumpang dan tempat sandar perahu di obyek wisata Laa waa River Park .

Melalui Program Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) berupa pembangunan dermaga, Plang Atribusi Edukasi Bersama Akademi Teknis Sorowako, lokasi/ peta destinasi wisata, berupa plang dan pembuatan guidebook bersama KKN Tematik 108 UNHAS.

Selain itu PT Vale juga melakukan Pelatihan Basic Safety Training bagi pokdarwis-kelompok sadar wisata (bersama tim FES-Vale), pojok herbal dan produk UMKM, pelatihan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) berbasis herbal.

Termasuk pada acara penyambutan tim dari kementerian Pariwisata , PT Vale juga banyak terlibat salah satunya menyediakan sarana transportasi penyeberangan ke Danau Matano . ( OKSon/***)

Pos terkait