Screenshot_20230130_094140
[Sassy_Social_Share]

OKSon, LuwuTimur – Gempa yang berkekuatan 3,5 Magnitudo mengguncang Kabupaten Luwu Timur pagi ini, Senin (30/01/202 berpusat di Desa Manurung Kecamatan Malili .

Gempa terjadi sekitar pukul 9 : 04 : 48 WITA di kedalaman 10 KM . Meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa dan harta benda, guncangan gempa ini cukup membuat warga panik, terlebih lagi para ASN , mereka berhamburan lari keluar ruangan menyelamatkan diri ketempat aman .

Informasi dari Asep Suyatna. SH
Operator Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Luwu Timur, mengatakan, Warga Luwu Timur utamanya di Desa Puncak Indah dan sekitarnya di Kec. Malili merasakan guncangan dengan durasi sekitar 2 hingga 3 detik. ” Sehingga wajar saja terjadi kepanikan sesaat , gempa ini akibat Sesar Matano bereaksi ” . Ujar Asep.

Lanjut diterangkannya , berdasarkan data yang diterima Pusdalops BPBD Kabupaten Luwu Timur, gempa yang terjadi di darat ini tidak berpotensi tsunami dan laporan kerusakan masih Nihil

Pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), guncangan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity menunjukkan di Malili pada III – IV MMI

Wilayah Luwu Timur merupakan kabupaten di Prov. Sulawesi-Selatan dengan potensi bahaya gempa bumi dengan kategori tinggi. Sebanyak 11 kecamatan teridentifikasi pada potensi bahaya tersebut.
( OKSon/***)

 

Pilihan Redaksi

Berita Terbaru

Baca Juga