Screenshot_20230519_231911
[Sassy_Social_Share]

OKSon, Luwu Timur, – Badawi Alwi satu – satunya anggota DPRD Luwu Timur yang paling banyak menerima aspirasi saat melakukan Reses Perseorangan, yaitu 99 Usulan.

Ini terungkap dalam Rapat Paripurna DPRD Lutim tentang Hasil Reses Perseorangan dan Pendapat Akhir Fraksi – Fraksi terkait Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah. Jumat ( 19 /05/2023) .

Ketika dikonfirmasi, Badawi membenarkan saat melakukan Reses di Desa Bawalipu , ia menerima 99 usulan dari warga yang hadir di reses tersebut.

” Iya banyak memang aspirasi yang disampaikan masyarakat terkait usulan pembangunan di daerah mereka masing – masing. Seperti itulah hasil Reses saya . ” Ungkap Badawi.

Lanjut Badawi, sebagai pertanggungjawaban pada publik, usulan tersebut ia catat dan di sampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Luwu Timur.

Pengamat Kebijakan Publik Sulawesi Selatan, Dr. Masriadi Patu. M.Si menanggapi, reses salah satu instrumen untuk membuat kebijakan publik lewat pembahasan Badan Anggaran bersama pihak eksekutif .

Mengenai ada yang banyak dan ada yang sedikit usulan yang diterima anggota DPRD saat Reses tersebut itu wajar – wajar saja.

Hal itu bisa dipengaruhi karakter wilayah masing – masing Dapil, Kemudian kafasitas masyarakat dari wilayah konstituen dimana reses itu dilakukan dan pengaruhnya dari teman – teman anggota DPRD itu sendiri.

” Semakin bagus anggota dewan tersebut mengkomunikasikan kebijakan publik kepada masyarakat maka itu semakin bagus, dan otomatis beragam pula warga menanggapinya. Makanya bervariasi aspirasi yang diterima setiap anggota dewan . ” Ungkapnya.

Untuk diketahui Dr. Masriadi  Patu salah satu akademisi yang dipercayakan Kementerian Dalam Negeri sebagai narasumber dalam program  peningkatan kafasitas Pimpinan dan anggota DPRD terkait Reses.

Ia mengaku sudah melakukan pembekalan buat Anggota DPRD Kabupaten Sidrap, Barru, Anggota DPRD dari Papua dan Kalimantan mengenai Reses.

Berdasarkan hasil Reses Perseorangan Dapil I Meliputi Malili ,Angkona :

Muh. Siddik 42 Usulan . Hj. Harisah Suharjo 12 Usulan, Suwardi Ismail 11 Usulan . Mahading 4 Usulan . Najamuddin 18 Usulan . Iwayan Suparta 11 Usulan . Efraim 43 Usulan.

Dapil II , Wotu, Burau.

Alfian Alwi 20 Usulan.
Sarkawi A Hamid 17 Usulan. Sunawar 10 Usulan , Masrul Suara 4 Usulan, Irmanto Hafid 13 Usulan, Badawi Alwi 99 Usulan. Herianti Harun 7 Usulan.

Dapil III Mangkutana, Tomoni, Kalaena dan Tomoni Timur.

Tugiat 22 Usulan,
Rully Heriawan 12 Usulan. I Made Sariana 9 Usulan. Andi Surono 5 Usulan,
Leonar Bongga 23 Usulan,
Wahidin Wahid 10 Usulan.

Dapil IV Nuha, Towuti dan Wasuponda :

Aripin 37 Usulan. Usman Sadik 44 Usulan. Muh. Abduh 14 Usulan. Munir Razak 15 Usulan. Samuel Kandati 12 Usulan. Ramna Minggus 17 Usulan . Suprianto 18 Usulan. Andi Baharuddin 9 Usulan. Ober Datte 6 Usulan.

( OKSon/***)

Pilihan Redaksi

Berita Terbaru

Baca Juga