Jangan Panik, Malam Ini Gempa Kecil Guncang Luwu Timur Lagi

OKSon, Luwu Timur – BPBD Kabupaten Luwu Timur kembali merilis guncangan gempa berkekuatan sedang dengan magnitudo (3, 0 ).

Gempa terjadi pada Minggu malam (14/08/2022) sekitar pukul 19:40 WITA.

Bacaan Lainnya

Kepala BPBD Lutim,Muh.Zabur menginformasikan pusat gempa berada di 45 KM Timur Laut Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan dengan kedalaman 5 km.

Warga Luwu Timur di Desa Tole Kec. Towuti sebagian merasakan guncangan dengan durasi sekitar 2 hingga 3 detik. Tidak ada laporan kepanikan warga saat gempa terjadi.

” Berdasarkan data yang diterima BPBD Kabupaten Luwu Timur, gempa yang terjadi di darat ini tidak berpotensi tsunami. “Ujar Zabur.

Pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), guncangan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity menunjukkan di Mahalona Raya Kec. Towuti pada II-III MMI

Wilayah Luwu Timur merupakan kabupaten di Prov. Sulawesi-Selatan dengan potensi bahaya gempa bumi dengan kategori tinggi.

Sebanyak 11 kecamatan teridentifikasi pada potensi bahaya tersebut. Sebelas kecamatan yang berada pada potensi gempa bumi kategori bahaya kelas tinggi yaitu Kecamatan Angkona, Burau, Kalaena, Malili, Mangkutana, Nuha, Tomoni, Tomoni Timur, Towuti, Wasuponda dan Wotu.

(OKSon/***)

Pos terkait