bumdesma maju pkpm
[Sassy_Social_Share]

OKSon, Luwu Timur – Direksi PT Vale Jinan Syakir mengatakan , ada tiga Bumdesma Di Luwu Timur yang dibina PT Vale berhasil menjalin kerjasama dengan Ikatan Kontraktor Nasional Vale Indonesia dalam pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif . Tiga Bumdesma tersebut diprediksikan akan berkembang maju dengan baik karena sudah bisa meraup laba . Demikian dikatakannya saat memberikan sambutan di acara Pencanangan Program Pengembangan kawasan Perdesaan Mandiri ( PKPM ) Periode 2023 – 2027 , di Gedung Simpurusiang Malili . Sabtu ( 11/03/2023 ) .

Menurut Jinan, Bumdesma tersebut adalah Bumdesma Anatowa Otolu , di Kecamatan Nuha bergerak dibidang wisata dan ekonomi kreatif . Kemudian Bumdesma Mahalona berada di Kecamatan Towuti bergerak dibidang Pertanian dan Bumdesma Momoiko Morokono di Kecamatan Towuti bergerak disektor Perniagaan dan UMKM .

” Bumdesma tersebut dalam perkembangannya telah memiliki tiga unit usaha , dengan rata-rata omset 60 juta perbulan dan sudah mempekerjakan masyarakat lebih dari 30 orang . ” Ungkap Jinan .

Dijelaskannya , Pada acara Peringatan Hari Bumdes Nasional di Pekab Baru Februari 2023 lalu, Bumdesma tersebut mendapat penghargaan dari Menteri Desa dan PDTT dan bisa menjadi inspirasi bagi yang lainnya.

Lanjut dikatakannya, meski sudah melaksanakan berbagai program di wilayah pemberdayaan, disadari bahwa tidak semua program dan kegiatan berjalan sempurna . Masih banyak hal-hal yang harus dibenahi yang dilakukan secara bertahap .

Sesuai dengan misi perusahaan , ” Mengubah sumberdaya alam untuk kesejahteraan dan pembangunan berkelanjutan.” maka ini menjadi modal penting bagi kita untuk melanjutkan kemitraan berkelanjutan.

Program PKPM ini adalah bentuk komitmen PT Vale terhadap Pemerintah Luwu Timur , sebagai salah satu implementasi kewajiban program PPM sebagai perusahaan tambang yang beroperasi diwilayah Luwu Timur terhadap wilayah terdampak yang ada di 4 kecamatan .

” Pemerintah Luwu Timur telah menetapkan 6 agenda proritas pembangunan. Tiga diantaranya bersesuaian dengan misi PPM kami pada PKPM II yaitu . Pemantapan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan . Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah berbasis pertanian , pariwisata , ekonomi lokal yang bertransformasi digital dan meningkatkan kemandirian desa dalam mendukung kemajuan pembangunan daerah .” Tutup Jinan . ( OKson /***)

 

Pilihan Redaksi

Berita Terbaru

Baca Juga