Ini Alasan Pemerintah Pusat Kasi Penghargaan Kepada Bupati Lutim Terkait Aplikasi Srikandi

OKSON, LUWU TIMUR, – Di Sulawesi Selatan hanya Kabupaten Luwu Timur yang serius menerapkan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) yang berbasis elektronik.

Aplikasi ini memudahkan kegiatan surat menyurat kedinasan tanpa menggunakan kertas, cepat dan bisa dilakukan dimana saja. Hal inilah yang membuat Kabupaten Luwu Timur diakui secara nasional dan menjadi satu – satunya daerah percontohan di Susel.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Adi Safaat Kepala Bidang Aptika Dinas Kominfo Luwu Timur saat mendampingi Bupati Luwu Timur Budiman di Mataram Lombok. Rabu (04/09/2024).

Menurut Adi Safaat, seingatnya aplikasi SRIKANDI ini di Launching Pada Saat Ulang Tahun Kabupaten Luwu Timur Tahun 2022.

Usai di launching Bupati Luwu Timur Budiman menginstruksikan semua OPD harus menggunakan Aplikasi Srikandi. Akhirnya seluruh kantor dinas di Lutim sudah menerapkan Srikandi.

” Ternyata Kabupaten Luwu Timur daerah yang pertama menggunakan Aplikasi Srikandi di SulSel. Sehingga Luwu Timur kini menjadi percontohan bagi daerah lain. Daerah yang sudah datang ke Lutim untuk belajar penerapan Srikandi adalah Bagian Ortala Propinsi SulSel, Kabupaten Takalar, Kabupaten Barru, Kabupaten Kolut dan masih banyak lagi daerah lainnya yang sudah datang belajar tapi saya sudah lupa. ” Ungkap Adi Safaat.

Kelebihan Aplikasi SRIKANDI ini adalah
Kegiatan Surat Menyurat Khususnya di Pemerintahan lebih lancar dan cepat dan paperless atau tidak menggunakan kertas. Para Pejabat biar dimana saja bisa bertanda tangan dengan menggunakan Tanda Tangan Elektronik.

Hasil evaluasi Pemerintah Pusat, Kabupaten Luwu Timur dinilai dari sisi jumlah transaksi surat menyurat merupakan Kabupaten tertinggi.

Kemudian Luwu Timur dinilai juga sebagai Kabupaten Inovatif dalam Proses Implementasi Srikandi contohnya Pemberian Srikandi award bagi perangkat daerah yang aktif, Caoaching Clinik Semua OPD sampai Puskesmas, Pengadaan Perangkat Tablet bagi Kepala OPD untuk menunjang Penggunaan Aplikasi Srikandi.

” Akhirnya Pemerintah Pusat memberikan penghargaan buat Bupati Luwu Timur yang sukses menerapkan aplikasi SRIKANDI untuk kemajuan daerahnya. ” Kata Adi Safaat.

Atas capaian ini kita meski bersyukur karena memiliki pemimpin yang punya visi memajukan daerah, sehingga seiring dengan perjalanan waktu Luwu Timur sudah bisa menjadi daerah yang punya daya saing bahkan di beberapa hal kita bisa menjadi yang terbaik secara Nasional dan Regional. Tutup Safaat. ( son/***)

Pos terkait