Ini 8 Poin Sasaran Pokok Pembangunan Yang Jadi Acuan Visi Misi Paslon Bupati Sesuai RPJPD Lutim

OKSON, LUWU TIMUR, – Visi Misi yang disusun Pasangan Calon Bupati Luwu Timur di Pilkada serentak 2024 ternyata harus selaras dengan Rencana Program Jangka Panjang Daerah Kabupaten Luwu Timur.

Keselarasan ini penting agar program pembangunan tetap terarah dengan baik dan berkesinambungan untuk kesejahteraan rakyat.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan oleh Ketua KPU Luwu Timur Irfan Lahabu di acara Sosialisasi PKPU No 8 dan Persiapan Visi Misi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur Pada Pilkada Serentak 2024 Dalam Hubungannya dengan  RPJPD . Di Aula Hotel Ilagaligo. Kamis 25 Juli 2024.

Lanjut dikatakannya, dimungkinkan setiap Pasangan Calon Bupati dapat menyusun Visi Misinya sesuai apa yang dibutuhkan masyarakat yang tidak bertolak belakang dengan RPJPD Luwu Timur yang sudah ditetapkan Pemerintah.

” Ini sudah sesui denga  regulasi dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024, utama pada Pasal 13 yang menyatakan bahwa visi-visi dan program daripada bakal pasangan calon baik gubernur maupun bupati/walikota itu harus selaras dengan RPJPD. ” Kata Irfan Lahabu.

Tentunya lewat sosialisasi ini nantinya Papol pengusung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati bisa mempersiapkan diri dan menyusun visi misi sesuai regulasi yang sudah diamanatkan.

Dr. Syaifullah, Sekretaris Bapelitbangda Kabupaten Luwu Timur menggambarkan ada Delapan point Sasaran Pokok Pembangunan Jangka Panjang Kabupaten Luwu Timur 2025 -2045, yaitu :

1. Terwujudnya Luwu Timur sebagai daerah dengan kualitas manusia yang tertinggi.

2. Terwujudnya Luwu Timur sebagai daerah dengan sistem perlindungan sosial yang adaptif dan inklusif.

3. Terwujudnya Luwu Timur sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi yang ingklusif dan berkelanjutan berbasis iptek, inovasi dan produktivitas perekonomian daerah.

4. Terwujudnya Luwu Timur sebagai daerah dengan tata kelola pemerintahan yang berintegritas dan adaptif.

5. Terwujudnya Luwu Timur sebagai daerah aman, tertib, demokratis dan kondusif.

6. Terwujudnya Luwu Timur  sebagai daerah dengan yang memiliki daya saing daerah yang tinggi.

7.Terwujudnya Luwu Timur sebagai daerah dengan Ketahanan sosial, budaya, dan ekologi yang tinggi.

8. Terwujudnya pembangunan berkelanjutan dengan kafasitas dan mitigasi yang tinggi terhadap bencana dna perubahan iklim yang tinggi.

” Nah dokumen perencanaan pembangunan ini harus diselaraskan dengan Daerah, Provinsi, dan Pusat, Dan RPJPD Luwu Timur yang ada saat ini sudah terkoneksi semua dengan Provinsi dan Pusat, makanya alangkah bagus sosialisasi yang di lakukan KPU ini agar masing – masing Paslon menyusun visi misinya tidak keluar dari RPJPD. ” Kata Syaifullah.

Sosialisasi ini dihadiri seluruh Parpol peserta Pemilu dan berjalan sangat komunikatif. ( son/***)

Pos terkait