Hj. Sufriaty Sebut Strategi Memutus Stunting Yang Tepat Adalah Ditangani Sejak Bayi Dalam Kandungan

OKSON, LUWU TIMUR, – Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty mengatakan salah satu cara memutus stunting di Luwu Timur adalah mengupayakan seluruh bayi yang lahir sudah memenuhi semua asupan gizinya.

Demikian disampaikannya saat membawakan materi di acara Mini Lokakarya Tingkat Kecamatan Bersama Tim Percepatan Penurunan stunting (TPPS) Kecamatan Dan Desa. Senin 22 Juli 2024 di Aula Dinas Pendidikan Luwu Timur.

Bacaan Lainnya

Menurut Sufriaty, Luwu Timur sangat serius meyiapkan generasi pelanjut Luwu Timur yang unggul. Gerakan penurunan stunting yang gencar dilakukan Pemda saat ini semata – mata untuk mempersiapkan generasi emas yang dicanagkan pemerintah pusat.

” Yang sudah terlanjur stunting itu tetap kita tangani, olehnya itu tim pendampingan keluarga yang ada disetiap desa harus rutin melakukan pemantauan dan mengevaluasi perkembangan anak – anak yang stunting tersebut. Sementara bagi yang hamil ini harus dipastikan bayi yang dikadungnya sudah memenuhi asupan gizi yang cukup sehingga saat lahir bayi tersebut tidak stunting. ” Ungkap Sufriaty.

Berdasarkan data di tahun 2022 angka stunting di Lutim sebanyak 22,6 persen, jumlah inilah yang harus kita turunkan. Selama ini kita telah melakukan intervensi yang tidak pernah putus kepada anak – anak penderita stunting dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ini berupa bahan makan protein hewani, protein nabati, buah-buahan dan biskuit.

” Pemberian PMT ini tidak pernah putus, karena selain dari Dinas Kesehatan, PMT juga diberikan oleh PKK Lutim lewat Dinas PMD, ada juga dari Puskesmas, dari Baznas dan dari desa setempat. Jadi Stunting di Lutim ini kita tangani dengan sistem keroyokan, jika jumlahnya bertambah maka kita patut mengevaluasi apa yang menyebabkan ia bertambah. ” Kaya Sufriaty.

Sufriaty yakin dengan kolaborasi yang stunting di Lutim bisa ditekan jumlahnya, olehnya itu ia meminta semua pihak serius menangani stunting.

(Son/***)

Pos terkait