Habis Srokalan Kita Ngobar Cara AAL Menjaring Aspirasi Warganya

OKSON, LUWU TIMUR, – Wakil Bupati Luwu Timur Moch. Akbar Andi Leluasa (AAL ) bangga dengan Komunitas jawa di Kecamatan Kalaena yang masih melestraikan budaya Srokalan.

Srokalan merupakan tradisi budaya Jawa yang bernuansa islami telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Acara ini dipercaya memiliki makna mendalam, yaitu sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas limpahan rezeki yang berlimpah diberikan kepada hambanya, juga sebagai wujud rasa kebersamaan dan persatuan dalam masyarakat Jawa.

Bacaan Lainnya

Acara ini berlangsung di Desa Sumber Makmur Kecamatan Kalaena. Sabtu 27 Juli 2024 malam.

Dikenal sebagai individu yang dekat dengan rakyat dan mudah bergaul, Akbar Leluasa malam itu tampil mengenakan peci hitam dan sarung, ia tampak larut bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kelompok majelis taklim dalam acara shalawatan khas komunitas Jawa ini.

Dalam sambutannya, Moch. Akbar Leluasa mengutarakan rasa bangganya kepada Pemerintah dan Masyarakat Desa Sumber Makmur serta komunitas Jawa di Luwu Timur yang masih mempertahankan tradisi dan budaya nenek moyang, terutama dalam penyebaran ajaran Islam.

“Ini luar biasa dan apabila tidak dilestarikan takutnya generasi mendatang tidak akan tahu tradisi Srokalan ini dan akhirnya hilang,” Ungkap Akbar.

Srokalan ini dihadiri ratusan warga dari berbagai usia
semakin larut malam semakin dipenuhi dengan suasana religius.

Setelah acaranya selesai, Akbar Leluasa mengundang tokoh masyarakat setempat untuk minum kopi bersama di halaman kantor desa. Kebiasaan ini dikenal dengan sebutan NGOBAR, Ngopi Bareng Akbar.

Kesempatan ini tidak disia – siakan warga setempat, mereka mengambil posisi masing – masing duduk ngopi dan berdiskusi dengan Wakil Bupati. Bagi warga ini kali pertamanya mereka jumpai Wakil Bupati ngopi di halaman kantor desa.

Dalam semalam saja Akbar Leluasa sudah bisa membangun kekaraban dan kehamonisan antara dirinya dengan warga setempat.

( son/***)

Pos terkait