Gempa 3,7 Sempat Bikin Panik Warga Malili

Sel, 2 Agu 2022 06:25:00am
IMG-20220801-WA0106
[Sassy_Social_Share]

 

OKSon, Luwu Timur – Sebagian besar Masyarakat Kab. Luwu Timur, Provinsi Sulawesi -Selatan (Sulsel) dikejutkan dengan gempa Magnitudo (M) 3,7 yang terjadi pada Senin (01/8) malam.

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat selama 2-4 detik dan menyebabkan masyarakat panik serta berlarian keluar rumah.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di kedalaman 3 km, 15 km barat laut Luwu Timur (wilayah pegunungan Desa Atue Kec. Malili) BMKG juga menyebutkan gempa yang terjadi pukul 20.59.52 WITA tersebut tidak berpotensi tsunami.

BMKG juga mengidentifikasi guncangan dirasakan di beberapa wilayah dengan skala MMI. Wilayah Kec. Malili merasakan guncangan III-IV MMI. Kemudian wilayah Wotu, Mangkutana, Kalaena II – III MMI

Modified Mercalli Intensity atau MMI merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

BMKG menggambarkan IV MMI guncangan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi, sedangkan III MMI menggambarkan getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sementara skala II MMI mendeskripsikan getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Berdasarkan pantauan sementara Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Timur meski guncangan cukup kuat namun belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa, namun petugas BPBD setempat terus melakukan pantauan dan siap siaga apabila terjadi gempa susulan.

BPBD juga mengimbau masyarakat tetap waspada dan untuk mengurangi dampak gempa hindari bangunan yang berpotensi ambruk jika terjadi guncangan.

(OKSon-Asep Suyatna. /***)

 

Pilihan Redaksi

Berita Terbaru

Baca Juga