Di Uji Para Pakar Ekonomi, Usman Sadik Dapat Nilai A

OKSon, Luwu Timur – Selamat buat H.Usman Sadik , Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Luwu Timur, Pada Rabu 23 November 2022 , akhirnya berhasil menyelesaikan Ujian Tutup Pasca Sarjana (S2 ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar dan mendapat Nilai Terbaik A .

Dalam Ujian tersebut , Usman Sadik mengajukan tesisnya dengan judul Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Luwu Timur . Untuk mempertanggung jawabkan secara ilmiah hasil tesis tersebut Usman Sadik harus berhadapan dengan tim penguji yang terdiri dari : Prof.Dr.Arifuddin SE.Ak.M.Si.CA , Dr .Mursalim Nohong . SE.M.Si .CRA.CRP. Prof.Dr. Abdurahman Kadir ,SE.M.Si, CIPM . Dr .Nur Dwiana Sari Saudi , SE, M.Si, dan Mahasiswa PPs Unhas.

Bacaan Lainnya

Menurut Usman Sadik, Salah satu yang dipertanyakan tim penguji, ” Strategi Apa yang sudah dilakukan untuk mendongkrak Pendapatan Daerah Luwu Timur ” ? . Usman menjawab , untuk meningkatkan Pendapatan Daerah Luwu Timur , hal pertama yang harus dilakukan mengidentifikasi semua potensi-potensi yang ada di Lutim yang bisa menjadi sumber pendapatan daerah termasuk sumber pendapatan bagi hasil daerah dengan Provinsi Sulsel .

Selain itu, mendorong Pemerintah Luwu Timur membentuk Dinas Pendapatan Daerah yang khusus mengani sektor pendapatan daerah . Alhasil setelah melakukan identifikasi , dan membentuk Dinas Pendapatan Daerah, terjadi lompatan pendapatan untuk Luwu Timur .

Banyak hal lagi yang sudah dia paparkan secara ilmiah dengan menggunakan beberapa teori ekonomi ,sehingga klimaks tim penguji menganggap tesis Usman Sadik Obyektif dan terukur secara ilmiah , sehingga diberikan Nilai A .

” Hari ini jelasnya saya sangat bahagia, Perjuangan saya menghadapi Ujian Tutup ini berhasil saya lewati dengan baik meskipun sempat keringatan karena yang dihadapi para pakar semuanya. Tapi saya juga maju dengan penuh persiapan sehingga hasil pemaparan tesis saya diterima semua dosen penguji . ” Ungkap Usman Sadik .

Lanjut Usman Sadik, Kenapa ia mengangkat tentang Pendapatan Daerah, karena ini menyangkut kemaslahatan masyarakat Luas kemudian kepentingan daerah Kabupaten Luwu Timur .

Ia mengetahui secara persis bahwa potensi daerah Luwu Timur ini sangat banyak. Kita punya potensi Tambang, Pertanian, Kelautan, Tambak, Rumput Laut dan Perkebunan . Inilah yang mendorong saya untuk melakukan penelitian dengan melakukan pendekatan beberapa teori eknomi ,terkait upaya meningkatkan Pendapatan Daerah Luwu Timur .

Sebagai mahluk akademisi, apa yang saya dapatkan dari UNHAS ini, tentu akan diaplikasikan di Kabupaten Luwu Timur . Karena jujur saja, untuk mengelola potensi yang luar biasa di miliki Luwu Timur dibutuhkan pikiran-pikiran cemerlang untuk peningkatan PAD dari berbagai sektor.

” Sejak masih sekolah dulu ada dua hal yang menjadi cita-cita saya, yaitu menjadi Polisi dan Kuliah di Unhas. Ternyata dari dua cita- cita saya itu , satu diantaranya sudah terkabul, hari ini saya sudah menamatkan S2 di UNHAS. Alhamdulillah.Itu ” Tutup Usman Sadik . ( OKSon/***)

Pos terkait