Buka Kejuaraan TARKAM, Budiman : Hadiah Istimewa untuk Lutim dari Bapak Menpora

OKSON, LUWU TIMUR,- Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka Kejuaraan Olahraga Antar Kampung (TARKAM) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, yang berlangsung di Bundaran Batara Guru Malili, Kamis (16/05/2024).

Kejuaraan Tarkam ini diawali dengan Event Fun Run yang diselenggarakan oleh Disparmudora Lutim berkerjasama dengan Kemenpora RI dalam rangka menyemarakkan HUT ke 21 Kabupaten Luwu Timur.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 1.600 peserta yang berasal dari Luwu Timur dan beberapa komunitas olahraga yang berasal dari luar meramaikan kejuaraan tarkam tahun 2024 ini yang meliputi 4 cabang olahraga yakni ; fun run 5K, senam, bola voly dan bulu tangkis.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Budiman mengatakan, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Lutim mengucapkan terima kasih kepada bapak Menteri Pemuda dan Olahraga atas kebijakan termasuk anggaran yang diberikan, sehingga kejuaraan TARKAM ini bisa dilakukan secara bersama-sama.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlangsung dan berkelanjutan sehingga menjadi kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Luwu Timur. Ini juga merupakan hadiah istimewa dari bapak Menpora di usia ke 21 tahun Kabupaten Luwu Timur yang kita cintai bersama,” ucap Budiman.

Oleh karena itu, Budiman mengatakan bahwa, Fun Run merupakan salah satu event yang Kemenpora lakukan, dan Kabupaten Lutim termasuk memiliki peserta terbanyak.

“Terima kasih juga telah bersama-sama menjaga ketertiban sehingga ini berlangsung dengan baik dan kita ingin bagaimana masyarakat bisa sejahtera dan bahagia hidup di Kabupaten Luwu Timur Wanuo Mappatuo Naewai Alena,” tutupnya.

Sementara Analisis Kebijakan Ahli Madya, Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Kemenpora, Yuslan juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Lutim beserta jajaran dalam menggalakkan kejuaraan TARKAM Kemenpora tahun 2024.

Hal ini, kata Yuslan, bertujuan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa aktif berolahraga yang pada akhirnya menuju pencapaian prestasi.

“Tahun ini merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya diselenggarakan kejuaraan TARKAM oleh Kemenpora melalui Deputi Pembudayaan Olahraga dan Kabupaten Luwu Timur untuk pertama kalinya mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah,” terang Yuslan.

“Semoga pada edisi perdana kejuaraan tarkam di Luwu Timur ini bisa sukses dilaksanakan dengan baik serta membawa dampak positif bagi masyarakat di Kabupaten Luwu Timur terutama dalam rangka meningkatkan kebugaran,” tambahnya.

Yuslan menyampaikan bahwa, kejuaraan TARKAM merupakan salah satu arahan langsung Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar pertandingan olahraga bisa menyentuh lapisan masyarakat yang ada di seluruh NKRI termasuk ditingkat kecamatan, kelurahan dan desa.

“Karena itulah, kami mencoba melakukan kegiatan ini dengan harapan mewujudkan target indonesia bugar tahun 2045. Saya berharap kepada seluruh atlet yang akan tampil pada kejuaraan TARKAM Kemenpora tahun 2024 di Kabupaten Luwu Timur agar menampilkan permainan terbaiknya, karena tidak menutup kemungkinan dari ajang seperti ini dapat memunculkan atlet handal yang bisa diandalkan dilingkungan nasional maupun internasional,” harapnya.

Pembukaan Pertandingan Antar Kampung (TARKAM) ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Lutim didampingi Wakil Bupati, unsur Forkopimda, dan Analisis Kebijakan Ahli Madya Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Kemenpora, yang juga sekaligus sebagai tanda pelepasan peserta fun run yang dilakukan diawal kegiatan.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pengalungan medali dan pemberian hadiah kepada para juara 1, 2 dan 3 untuk 2 kategori yakni Umum (usia dibawah 50 tahun Pa/Pi) dan Master (usia diatas 50 tahun Pa/Pi). Serta pemberian medaii dan hadiah untuk 5 terbaik Kostum Unik. Dan terakhir dilakukan pengundian doorprize.

Turut hadir, perwakilan Ketua Pengadilan Negeri, Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli, Kepala Kementrian Agama Lutim, Ketua KONI, Para Asisten, Staf Ahli dan para Kepala OPD Lingkup Pemkab Lutim, para Camat, Pimpinan Dunia Usaha, BUMN, BUMD, Kepala Puskesmas se-Lutim, Komunitas Olahraga, Tokoh Masyarakat dan para peserta fun run. (dew/ikp-humas/kominfo-sp)

Pos terkait