Ini Yang Dilakukan Dukcapil Membuat, Jumlah Penduduk Lutim Meningkat Signifikan

OKSon, Luwu Timur – Salah Satu hasil Kerja Tuntas yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Luwu Timur, berhasil menambah jumlah kursi di DPRD Lutim dari 30 menjadi 35 Kursi untuk Pilkada 2024 nanti . Karena jumlah penduduk Luwu Timur saat ini sebanyak 306.082 jiwa. Pada 2021 jumlah penduduk Lutim sebanyak 304 .938 jiwa.

Oksen Bija, Kadis Kependudukan Dan Catatan Sipil Lutim menerangkan, peningkatan jumlah penduduk Lutim tersebut terjadi karena sistem pendataan angka kelahiran dan perpindahan penduduk dari luar menjadi Penduduk Lutim makin disempurnakan.

Bacaan Lainnya

Selain itu Disdukcapil juga melakukan sejumlah inovasi dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan kepada warga Lutim sehingga terjadi perbaikan data dan penambahan jumlah penduduk secara signifikan.

Demikian dijelaskannya saat memaparkan capaian kinerjanya kepada Kominfo Lutim dan sejumlah wartawan, Senin (12/09/2022) .

Menurut Oksen Bija, ada beberapa inovasi yang dilahirkan di Disdukcapil yang secara nyata berdampak pada semakin membaiknya data Kependudukan Luwu Timur.

Inovasi yang dicetuskan antara lain :

1. Balada Capil, ( Bayi Lahir Dapat Akta Kelahiran) inovasi ini sukses mendata setiap bayi yang lahir di Luwu Timur.
2. Bel Sakti, ( Belasungkawa Serah Akte Kematian) . Program ini juga sukses mendata jumlah warga Lutim yang meninggal dunia dari waktu ke waktu.
3. Pelayanan 3 in 1 . Sekali mengurus bisa melayani penerbitan Akte Perceraian, Kartu Keluarga dan E-KTP.
4. Religi Tuntas Anak, ( Rekam Langsung Jadi Kartu Identitas Anak) program ini setiap anak SD sudah bisa punya kartu Identitas dan NIK. NIK nya ini juga yang akan digunakan untuk KTPnya setelah ia memenuhi syarat untuk mendapatkan E-KTP.

5.Susi Enak (Suami Isteri Terima Langsung Akta Perkawinan) ini khusus warga non muslim.

6.Jam Keramat, (Jelas Alamat Rumah dan Akta Kematian) .

” Semua Inovasi ini bersentuhan langsung dengan data Kependudukan. Sehingga mulai lahir , Kawin, Cerai dan meninggal dunia bisa terdata dengan baik. ” Ungkap Oksen Bija.

Yang menjadi kendala saat ini masih banyak warga Lutim yang tidak punya imail. Imail ini penting untuk menyimpan dokumen data warga.

” Saya minta tolong di sebar luaskan agar warga yang mengurus dokumen baik itu KTP, KK harus punya imail, agar file dokumennya bisa disimpan di imail. Jika sewaktu -waktu fisiknya hilang bisa diambil untuk di cetak lagi dari file yang tersimpan di imail. Ini khusus untuk KK. ” Kata Oksen Bija.

Untuk persentase kinerja di Dinas Dukcapil tidak bisa mencapai 100 persen, karena setiap waktu selama masih ada kehidupan manusia pasti ada bayi lahir lagi. Setiap bayi lahir disitu sudah menjadi urusan kami.

Patut di pahami, Dukcapil inilah tempatnya memberikan pelayanan dasar, karena setiap urusan saat ini selalu mendahulukan dokumen pribadi. Di dokumen pribadi inilah dasar dari pelayanan dasar itu sendiri.Tutup Oksen Bija. ( OKSon/***)

 

 

Pos terkait