Puluhan Siswa SD Mallaulu Kunjungi Kominfo Lutim Belajar Internet Positif

OKSON, LUWU TIMUR, – Agar tidak Gagal Teknologi, sebanyak 92 Orang Siswa Kelasa VI SDN 238 Mallaulu berkunjung Ke Dinas Kominfo Luwu Timur.

Study Tour ini dipimpin langsung Jufri Kepala Sekolahnya dan sejumlah Guru Pembimbing. Rabu (04/09/2024).

Bacaan Lainnya

Rombongan SD Mallaulu ini diterima Kabid Telematikan Arif Fadilah di Aula Dinas Kominfo.

Dalam pertemuan tersebut Arif Fadilah memperlihatkan sejumlah konten positif yang dikelola Kominfo yang bisa diakses dengan internet.

Diantaranya website Luwutimur.kab.go.id. Video podcast produksi Kominfo, Gambar CCTV yang sudah dipasang beberapa titik di Kota Malili yang bisa di kontrol dari Kantor Kominfo.

Untuk CCTV ini materi yang paling heboh, karena siapa yang berhasil menebak titik CCTV nya diberikan hadiah. Ternyata ketika vidio CCTV di perbesar hampir semua siswa tahu letak CCTV tersebut di pasang.

Setelah itu siswa juga di perkenalkan dengan beberapa menu di laptop seperti Google chrome, Word, dan Excel. Semua ini saat diperkenalkan semua siswa sudah paham.

Tak hanya itu Kominfo juga memperkenalkan cara menggunakan aplikasi Zoom. Yang mana aplikasi zoom ini bisa dipakai untuk proses belajar jarak jauh.

” Inilah beberapa item yang bisa kita akses lewat internet, ya seperti inilah salah satu cara menggunakan internet positif dengan membuka konten – konten positif. ” Ujar Arif.

Selanjutnya seluruh siswa ini diajak melihat dari dekat ruangan kerja seperti ruang kerja Penyebaran Informasi, statistik persandian, hingga ke ruang server internet milik kominfo. Kunjungan ini memberi makna tersendiri buat siswa SD, karena untuk pertamakalinya mereka melihat secara langsung peralatan yang digunakan dalam penyebar luasan informasi dan teknologi dalam mengelola internet di Luwu Timur.

Jufri Kepala Sekolah SD Mallaulu mengatakan, Kunjungan ini merupakan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang diberi nama Rekayasa Teknologi.

Dalam hal ini siswa harus diberikan pemahaman. Dasar seputar Penggunaan Internet Sehat. Jadi bisa diartikan sebagai pengguna internet untuk anak usia dini dengan cara tidak menyalah gunakan internet untuk hal – hal yang tidak baik.

” Lewat kunjungan ini kita berharap bisa membantu peserta didik mengetahaui manfaat dan bahaya penggunaan internet dan memahami penggunaan internet dengan baik dan benar. ” Ungkap. Jufri.

Ia juga mengucapkan terimakasihnya pada Kominfo Luwu Timur yang sudah menerima dan mengarahkan pelajar dengan baik terkait penggunaan internet untuk masa depan anak. ( son/***)

 

 

 

 

 

Pos terkait