Polres Lutim dan Jurnalis Sepakat Pilkada Harus Aman Dan Damai. Akun Palsu Pemicu Konflik Minta Ditertibkan

OKSON, LUWU TIMUR, – DemiĀ  mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang damai dan aman, Kapolres Luwu Timur AKBP Zulkarnain dan jajarannya melakukan Cooling System menjalin kolaborasi dengan para wartawan setempat.

Kegiatan ini berlangsung santai di sebuah warung kopi Teduh tempat mangkalnya wartawan Luwu Timur. Kamis (11/07/2024).

Bacaan Lainnya

Cooling system ini bertujuan manyamakan pandangan antara kepolisian dan Jurnalis untuk mengantar Pilkada Luwu Timur 2024 dengan aman dan damai dengan memberikan sajian pemberitaan yang akurat kepada masyarakat yang bisa merekatkan hubungan sosial yang kuat di balik berita yang di publis.

” Saat ini kondisi suhu politik mulai naik, kita berharap para wartawan membantu menetralisasi kondisi lewat pemberitaan yang sesuai dengan fakta. Menghindari berita hoax agar warga tidak terbelah yang bisa memicu konflik. ” Ungkap AKBP Zulkarnain.

Kapolres menganggap, wartawan tidak hanya bertugas sebagai pengawas dan penyampai informasi, tetapi juga memiliki peran strategis dalam membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait proses demokrasi.

“Dalam mewujudkan Pilkada yang damai, peran wartawan sangat penting. Mereka memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi secara akurat dan menyebarluaskan pesan-pesan persatuan kepada masyarakat,” kata Kapolres .

Dalam pertemuan tersebut, seluruh wartawan Luwu Timur juga berkomitmen untuk menyukseskan agenda nasional ( Pilkada ) dengan aman dan damai.

Sejumlah wartawan menyarankan agar pihak kepolisian juga melakukan patroli siber. Karena potensi konflik saat ini bukan hanya dari pemberitaan tapi lebih terasa itu dari akun – akun palsu yang membuat provokasi tiada henti di medsos.

Atas saran tersebut, Kapolres berjanji akan melakukan patroli siber, dan juga akan mengunjungi tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan FKUB untuk menyosialisasikan Pilkada damai 2024.

( Son/***)

 

 

Pos terkait